top of page
  • Writer's pictureDr. Juneman Abraham

Psikoedukasi Antikorupsi di Kementerian Keuangan

Dalam rangka memperingati Hari Antikorupsi Sedunia (Hakordia) Tahun 2021, Kementerian Keuangan menyelenggarakan webinar dengan tema “Integritas versus Korupsi sebagai Perilaku: Tinjauan Psikologi Sosial”. Webinar ini bertujuan memperkuat budaya antikorupsi dan mewujudkan Kemenkeu Satu yang Tepercaya, menuju Indonesia tangguh.


Webinar diselenggarakan pada Rabu, 24 November 2021, pukul 09.00 s.d. 11.30 WIB, dan dihadiri oleh 550 peserta melalui Zoom dan diikuti lebih dari 3000 kali melalui kanal Youtube.












Hari Antikorupsi Sedunia (Hakordia) setiap tahunnya diperingati pada tanggal 9 Desember di seluruh dunia untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terkait budaya antikorupsi. Kementerian Keuangan (Kemenkeu) sendiri secara rutin telah memperingati Hakordia dengan menyelenggarakan kegiatan webinar, talkshow, berbagai lomba, dan kegiatan lainnya yang melibatkan peran serta pegawai di lingkungan Kemenkeu dan masyarakat pada umumnya. Dengan penyelenggaraan Hakordia, diharapkan seluruh elemen yang ada di Kemenkeu senantiasa menjalankan tugasnya dengan penuh integritas.


Sejak dimulainya reformasi birokrasi di lingkungan Kemenkeu, salah satu nilai utama yang ditanamkan dan mendasari pelaksanaan tugas dan fungsi seluruh unit kerja dan pegawai Kemenkeu adalah integritas. Penguatan integritas dan pencegahan korupsi secara terus menerus dilakukan melalui berbagai kebijakan dan peraturan, juga kegiatan pengawasan dan penindakan, kegiatan sosialisasi internal dan eksternal (pemangku kepentingan), serta kegiatan evaluasi melalui Survei Penilaian Integritas (SPI). Namun demikian masih ditemukan pegawai di lingkungan Kemenkeu yang melakukan kecurangan. Kecurangan dapat dilakukan oleh pegawai laki-laki maupun perempuan, level pelaksana maupun pejabat, struktural maupun fungsional, dan oleh berbagai rentang usia dari 20-an s.d. 50-an.


Berangkat dari kondisi ini, berkenaan dengan pelaksanaan Hakordia 2021, kami merasa perlu memahami perilaku korupsi lewat psikoedukasi, khususnya dari bidang psikologi sosial, karena pembenahan organisasi yang sudah dilakukan melalui reformasi birokrasi, salah satunya sistem merit, dan penindakan dengan sanksi (hukuman disiplin) sepertinya belum cukup. Dengan adanya webinar ini diharapkan dapat menambah pemahaman bagi para pegawai, sehingga setiap pegawai dapat saling menjaga integritas diri dan lingkungan kerja (rekan maupun bawahan), juga setiap pemangku kepentingan dapat mendukung usaha penguatan integritas dan pencegahan korupsi di lingkungan Kemenkeu. Webinar ini diselenggarakan sebagai rangkaian acara Hakordia 2021 pada bulan November 2021 dengan mengundang narasumber yang merupakan ahli dalam bidang ilmu psikologi sosial dan penelitian terkait perilaku korupsi di Indonesia.


Setiap pegawai di lingkungan Kemenkeu memiliki tanggung jawab yang besar dalam menjalankan pekerjaan dengan tetap berpegang teguh pada nilai-nilai integritas. Situasi yang dihadapi masing-masing pegawai berbeda-beda termasuk situasi yang penuh dengan perubahan di lingkungan pribadi dan lingkungan kerja yang dapat mempengaruhi budaya antikorupsi. Seluruh pegawai Kemenkeu diharapkan dapat memperoleh manfaat dari kegiatan psikoedukasi melalui webinar ini. Semua pegawai diharapkan mampu memperoleh wawasan untuk dapat menjaga integritas dirinya dan unit kerjanya sehingga mampu mewujudkan Kemenkeu yang bersih dan bebas korupsi.



  • Memberikan edukasi psikologi sosial tentang perilaku korupsi dan integritas pada level individu, kelompok dan organisasi kepada pegawai secara khusus dan masyarakat selaku pemangku kepentingan dan penerima manfaat.

  • Memberikan wawasan tentang penguatan integritas dan pencegahan korupsi pada level individu, kelompok dan organisasi bagi pegawai secara khusus dan masyarakat selaku pemangku kepentingan dan penerima manfaat.



38 views0 comments
Post: Blog2_Post
bottom of page